Ilustrasi Penggunaan Griddle Electric

Siapa yang belum tahu seputar alat masak serbaguna bernama griddle electric? Alat tersebut memang menawarkan cara masak baru yang nyaman dan efisien untuk segala jenis masakan rumahan hingga di cafe kecil sekalipun. Namun, seperti apa dan bagaimana cara kerja dari peralatan memasak kekinian ini? Cari tahu jawabannya di sini!

Mengenal Griddle Elektrik

Pernah melihat wajan datar yang dipakai orang barat? Alat tersebut bernama griddle elektrik yang berupa wajan datar bertenaga listrik yang dapat digunakan sebagai alat memanggang, menumis yang minim penggunaan minyak, namun hasil masakan tetap merata dengan baik.

Alat ini dapat dipindah tempatkan sehingga cocok dipakai saat acara di rumah, maupun dimanfaatkan menjadi alat usaha.

Cara Kerja Griddle Elektrik

Alat masak datar ini bekerja dengan mengkonversikan energi listrik menjadi panas. Hal ini terjadi ketika anda menyalakan griddle, kemudian arus listrik mengalir melalui elemen pemanas yang menghasilkan panas. Ketika panasnya sudah cukup kemudian ditransfer ke permukaan wajan dan siap digunakan memasak.

Tipe-tipe Griddle Elektrik

Wajan ini mempunyai dua jenis yang umum dijual, antara lain :

  • Griddle Pemanas Tunggal

Jenis ini punya sistem pemanas individual yang menyebarkan panas ke seluruh permukaan wajan. Biasanya alat ini lebih kecil dan compact, membuatnya ideal digunakan di dapur kecil atau hanya untuk memasak dalam jumlah sedikit.

  • Griddle Pemanas Multi

Berikutnya ada pula griddle dengan elemen pemanas ganda yang dapat dikontrol secara individu. Dengan sistem tersebut memudahkan pengguna memasak aneka hidangan pada temperatur berbeda di saat bersamaan, cocok sekali untuk acara keluarga besar atau pesta.

Keunggulan Griddle Elektrik untuk Rumah Tangga

Perabotan rumah tangga yang semakin variatif di zaman sekarang ini cukup menggiurkan para ibu-ibu rumah tangga untuk mengoleksinya. Jika anda berencana menambah koleksi alat masak, cek dulu keunggulan griddle elektriknya berikut ini :

  1. Serbaguna

Alat ini bisa anda gunakan untuk memasak aneka hidangan, misalnya kue dadar, sosis, telur, daging, burger, dan masih banyak lagi. Sangat cocok dipakai memasak hidangan sarapan yang serba cepat.

  1. Hasil merata

Griddle elektrik juga menawarkan hasil masakan yang matang merata berkat elemen pemanas berteknologi tinggi, sehingga anda tak usah khawatir jika ada bagian yang masih mentah.

  1. Nyaman

Sering repot memasak aneka menu sarapan yang diburu waktu? Hal ini tak akan terjadi lagi bila anda menggunakan griddle elektrik. Alat tersebut sangat mudah dioperasikan, serta punya ukuran besar yang dapat dipakai memasak banyak sekaligus.

  1. Aman

Soal keamanan pun tak perlu dicemaskan lagi, pasalnya griddle ini tidak memproduksi gas atau api sehingga sangat aman dipakai di dapur.

Griddle electric merupakan inovasi alat masak berteknologi tinggi yang mempermudah ibu rumah tangga memasak menu sarapan variatif tanpa repot, aman, dan hasil masakan tetap merata. Tertarik mencobanya?

Related Post