Ilustrasi genset 10 kva

Anda pasti akan merasa sangat ketika mendapati listrik rumah padam dan tidak ada alat elektronik yang mampu berfungsi. Untuk itu, genset menjadi solusi tepat yang bisa anda gunakan. Namun, ketika anda memutuskan untuk membeli genset, anda juga harus siap untuk melakukan perawatan. Perawatan ditujukan agar genset 10 kva tidak rusak dan masih bisa berfungsi dengan baik. Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk melakukan perawatan? Yuk simak penjelasan berikut ini: 

  1. Lakukan Pemanasan Setiap Seminggu Sekali

Tidak berbeda dengan alat elektronik umumnya, genset juga perlu dilakukan pemanasan agar performa kerjanya tetap bagus ketika ingin digunakan. Bagi anda yang hanya membutuhkan listrik pada saat pemadaman harus rajin  melakukan pemanasan genset, minimal seminggu sekali. 

Jika genset tidak dilakukan pemanasan dan sering diingatkan maka mesinnya akan cepat aus dan tidak dapat berfungsi dengan baik ketika dibutuhkan. Terlebih jika anda menganggur nya terlalu lama di Gudang, lama kelamaan pasti akan rusak. 

Memanaskan mesin bisa anda lakukan 15 menit saja jangan lama-lama jika tidak ingin digunakan, tapi harus konsisten jangan sampai lupa! Kelalaian ini akan membuat genset anda tidak bekerja dengan baik. 

  1. Jaga Kebersihan Genset 

Meskipun tidak digunakan, anda tetap perlu merawat genset selayaknya alat elektronik pada umumnya. Terlalu lama menginginkan genset di Gudang dan membiarkan genset berdebu tentu tidak akan bagus dan membuat mesin genset tidak bisa bekerja dengan baik. 

Untuk itu, pastikan genset yang anda miliki terjauh dari jangkauan debu, jamur, dan serangga kecil. Anda bisa mengelap genset 10 kva dengan menggunakan kain yang telah dibasahi lalu keringkan dengan menggunakan kain kering. Dengan begitu genset yang anda miliki tidak akan digunakan sebagai sarang debu dan juga jamur. 

  1. Lakukan Penyimpanan Ditempat Yang Kering 

Untuk menghindarkan genset dari debu dan sarang jamur anda bisa menyimpannya di tempat yang kering dan jauh dari tetesan air hujan. Tempat yang kering akan menghindarkan genset dari kondisi lembab yang akan merusak mesin. 

Cek berkala kondisi genset untuk memastikan genset yang anda miliki tidak rusak. Jika sudah diketahui tanda-tanda kerusakan maka bisa segera diperbaiki agar tidak menimbulkan masalah ketika digunakan. Tentu sangat berbahaya jika terjadi percikan atau muncul api saat menggunakan genset. 

  1. Ganti Sparepart Genset 

Sparepart menjadi bagian penting dalam menunjang kinerja genset, untuk itu ketika mengalami kerusakan atau aus harus segera anda ganti agar bisa bekerja dengan baik dan optimal. Jangan menunggu ketika digunakan karena dapat memicu kerusakan pada bagian lainnya. 

Untuk mengetahui lebih jelas terkait komponen apa saja yang rusak dan kapan melakukan penggantian anda bisa membaca buku panduan ataupun ketentuan yang disertakan saat melakukan pembelian. Anda harus jeli dalam memahaminya agar tidak terjadi banyak kerusakan yang membuat anda merugi. 

Demikian pembahasan mengenai cara perawatan yang bisa anda lakukan pada genset 10 kva. Jangan sampai mengabaikan hal ini karena dapat membuat anda mengalami kerugian biaya yang dikeluarkan. Yuk segera terapkan!