pagar

Terdapat banyak bentuk dan fungsi bahan material logam besi itu. Salah satunya adalah besi plat strip yang cukup fleksibel penggunaannya. Bisa diaplikasikan pada dunia konstruksi, elektronik, manufaktur, otomotif hingga kesenian. Besi ini berbentuk lembaran tipis dengan bervariasi tingkat ketebalan dengan ukuran lebar dan panjang tertentu. Berikut beberapa keunggulannya.

Kuat 

Meskipun bentuknya tipis namun besi plat strip ini kuat dan kokoh. Besi plat strip mampu menahan beban dengan secara kuat sehingga aman jika akan digunakan untuk keperluan konstruksi bangunan 2 lantai.

Lentur dan Mudah Dibentuk

Besi Plat Strip ini mudah dibentuk dengan mempergunakan teknik penekanan, seperti pada roll forming ataupun deep drawing. Tak seluruh plat besi itu kuat dan lentur atau wulet, tak mudah patah. Kebanyakan besi hanya bersifat kuat saja tapi mudah patah atau yang biasa disebut sebagai besi kering. Berbeda dengan besi plat strip yang memiliki tingkat kelenturan yang cukup tinggi. Sehingga dapat dipotong sesuai dengan pola serta kebutuhannya. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan karbon yang minim jumlahnya pada besi plat strip sehingga tukang las pun bisa dengan mudah memotong serta membuat bentuk yang unik pada saat pemrosesannya. Sebagai contoh pada proses pembuatan pagar tralis sehingga dimungkinkan adanya pagar yang cantik dengan bentuk lengkungnya yang kuat mampu bertahan hingga selama puluhan tahun.

Ringan 

Keunggulan lainnya dari besi plat strip atau Flat Bar Steel ini adalah napa bobotnya yang cukup ringan. Sehingga cukup.mudah dibawa dan dipindah-pindahkan. Sebagai gambarannya per satu batang besi plat strip berukuran panjang 5 meter akan memiliki berat sekitar 3 kg saja untuk tingkat ketebalan minimalnya. 

Awet  

Besi plat strip ini juga awet. Daya tahan plat besi strip ini bisa mencapai hingga 30 tahun lebih. Sehingga dapat menghemat biaya pembangunan. Juga aman jika hendak disimpan dalam jangka waktu yang panjang, dengan cara penyimpanan yang baik sesuai standar.

Mudah Dicetak

Besi Plat Strip dapat dicetak dengan secara mudah. Bisa menggunakan mesin press hidrolik ataupun mesin lainnya. Hal itu membuat besi Plat Strip cocok digunakan pada aplikasi yang memerlukan desain yang cukup rumit ataupun bentuk logo yang dicetak.

Mudah Dilas

Besi Plat Strip juga mudah dilas. Bisa mempergunakan proses las secara otomatis ataupun yang secara manual.

Mudah Dipoles

Besi Plat Strip juga mudah dipoles. Bisa mempergunakan mesin poles otomatis ataupun yang manual. Dengan demikian maka cocok untuk dipergunakan pada aplikasi yang memerlukan permukaan yang halus serta bersih juga.

Terjangkau 

Dari segi harga juga tergolong murah. Besi plat strip dengan ukuran lebar dan tebal yang paling minimal kisaran harganya ialah 50 ribu Rupiah per batang. Semakin tebal maka akan semakin tinggi harganya. Begitu juga makin lebar ukurannya maka akan makin tinggi pula harganya.

Dengan beberapa keunggulannya tersebut maka aplikasinya menjadi luas dan cukup fleksibel.