kuliah bisnis digital

Perkembangan teknologi yang semakin canggih, membuat semua bidang kehidupan tidak lepas dari teknologi. Salah satunya dalam bidang bisnis semuanya sudah serba digital. Jadi, bagi yang tidak paham bisnis digital perlahan akan tergusur oleh zaman. Untuk itulah, Anda bisa mempelajarinya sejak kuliah dengan mengambil kuliah bisnis digital. Selengkapnya, simak di sini!

Kenapa Harus Memilih Jurusan Bisnis Digital? 

Sebenarnya tidak ada kewajiban mahasiswa baru untuk memilih jurusan kuliah bisnis digital. Namun, untuk sekarang ini jurusan yang berkaitan dengan digital sangat membantu masa depan mahasiswa. Alasan utamanya adalah sekarang kemajuan teknologi menjelajah berbagai bidang. Jika tidak menguasai teknologi tersebut risiko kalah saling akan semakin besar. 

Alasan lain kenapa harus memilih jurusan bisnis digital saat kuliah adalah: 

  1. Bekal untuk Menghadapi Revolusi 4.0

Percaya atau tidak, jika pengetahuan tentang bisnis digital sangat berguna saat ini. Indonesia bahkan berada di posisi 5 sebagai negara startup paling banyak, yaitu kurang lebih 2044 startup. 

Peringkat Indonesia di bawah Amerika, India, Inggris, beserta Kanada. Ketika Anda masuk jurusan bisnis digital, artinya Anda mempersiapkan diri dengan ilmu bisnis digital. Anda juga akan semakin siap menghadapi tren revolusi industri 4.0. 

  1. Belajar llmu Modern

Ketika Anda mempelajari bisnis digital, Anda akan mendapatkan pengetahuan tentang ilmu modern dalam bidang digital. Contohnya, pemahaman tentang e-commerce mulai pendirian hingga bisa berkembang dengan pesat. 

  1. Lulusan Mempunyai Prospek Kerja yang Baik

Mengambil jurusan bisnis digital mempunyai prospek kerja yang baik. Hal ini sejalan dengan perusahaan yang terus beralih ke digital. Mereka yang dulunya hanya bergelut dengan cara tradisional, sekarang harus mengikuti tren digital. Hal ini membuat perusahaan banyak merekrut tenaga kerja yang ahli dalam bisnis digital.

Prospek Kerja Kuliah Bisnis Digital 

Inilah beberapa prospek kerja yang bisa mahasiswa ambil ketika lulus dari jurusan bisnis digital, yaitu: 

  1. Business Development

Business development adalah profesi yang tugasnya melaksanakan pengembangan pasar hingga relasi bisnis. Seorang business development harus dapat menciptakan serta menemukan ide baru. Seorang business development perlu mengetahui proses negosiasi, seluk-beluk marketing, financial management, hingga analisis bisnis. 

  1. Digital Marketer

Lulusan jurusan bisnis digital bisa bekerja menjadi digital marketer. Profesi satu ini adalah profesi yang sedang booming dan banyak lowongannya saat ini. Seorang digital marketer harus bisa melakukan strategi marketing dengan baik. Misalnya, lewat social media, website, hingga e-commerce. 

  1. Product Manager

Anda yang ahli dalam bisnis digital bisa menjadi product manager. Product manager adalah orang yang mempunyai tanggung jawab penuh terhadap suatu produk, baik dari proses planning, development, sampai maintenance. Selain itu, Anda harus bisa mengidentifikasi produk potensial lewat riset pasar, jadwal produksi, penentuan harga produk, dan lainnya. 

  1. Konsultan Bisnis

Ahli dalam bisnis digital bisa bekerja sebagai konsultan bisnis. Mereka mempunyai tanggung jawab membantu klien mengidentifikasi masalah bisnis yang dihadapi mulai tentang masalah bisnis dan solusinya yang terbaik. Bukan hanya itu, konsultan bisnis harus melakukan pendampingan klien untuk merencanakan bisnis yang baik. 

Itulah penjelasan tentang kuliah bisnis digital yang bisa Anda sebagai jurusan kuliah dengan prospek masa depan yang lebih baik. Semoga membantu!