generator listrik

Perkins genset telah cukup dikenal luas dan memiliki konsumen yang loyal serta setia menggunakannya. Hal ini karena berbagai keunggulan kualitas dari genset teknologi Inggris yang telah bertahun-tahun hadir memenuhi kebutuhan masyarakat dalam keperluan pasokan listrik alternatif, pada saat terputus aliran listrik dari PLN (Perusahaan Listrik Negara). Disamping keawetan serta hematnya dalam penggunaan bahan bakar, maka ada juga beberapa kendala yang cukup sering dialami antara lain akibat salah pemakaian dan kurangnya perawatan. Bagaimanapun benda elektronik itu perlu untuk selalu mendapatkan perawatan dengan baik secara rutin. Dengan demikian maka akan selalu dalam kondisi prima dan siap sedia digunakan sewaktu-waktu. Berikut ini beberapa kendala dan cara mengatasinya secara cepat.

Masalah Battery Drop

Masalah ini cukup sering terjadi akibat kelalaian pengguna yang lupa mengecek air akinya. Sehingga jika terjadi battery drop maka besar kemungkinan hal tersebut terjadi sebagai akibat air accu di dalamnya yang kurang. Sehingga change alternator nya pun jadi mengalami masalah dan berhenti bekerja. Hal ini juga bisa terjadi ketika mesin jarang digunakan. Oleh karenanya jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi air accu nya sebelum hendak digunakan.

Mesin Mendadak Mati 

Jangan panik apabila mengalami masalah mesin genset yang mati secara tiba-tiba. Besar kemungkinan terjadinya mesin genset yang tiba-tiba berhenti bekerja ialah terkait dengan relay control yang rusak, dan ada masalah di mesin, serta fuse untuk kontrol mesin terputus sehingga lalu mesin pun mati. Bisa segera saja hubungi bagian service genset Perkin guna mendapatkan pertolongan dan solusi yang tepat oleh ahlinya. Namun kejadian seperti ini sangat jarang terjadi.

Suara Mesin Tidak Stabil 

Apabila mengalami masalah suara mesin genset yang menjadi tidak stabil maka besar kemungkinan penyebabnya adalah kondisi bahan bakar yang sudah kotor. Sehingga kotoran yang ada pada bahan bakar tersebut akan membuat mesin jadi tersumbat dan tidak bisa bekerja secara lancar. Sebagai solusinya maka bisa lakukan pembersihan pada filter solar, dan periksa governor serta cek volume solar nya. Jika kondisi bahan bakar sudah bersih, juga dengan kondisi filter penyaringnya maka masalah suara mesin yang tidak stabil akan teratasi dan menghilang dengan sendirinya.

Perhatikan beberapa hal tersebut di atas guna mengatasi berbagai masalah yang timbul.