generator listrik

Genset adalah hal yang cukup penting untuk dimiliki karena Indonesia adalah negara yang sering mengalami mati listrik mendadak. Jika Anda memiliki genset di rumah atau toko, berikut beberapa cara perawatan genset Anda supaya selalu bekerja dan berfungsi dengan baik dan tahan lama.

Taruh dan Simpan Genset di Area yang Kering

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika genset baru datang ke rumah, toko atau restoran Anda adalah menaruhnya di area yang kering. Genset perlu dijauhkan dari kelembapan apalagi air karena hal itu bisa merusak berbagai komponen sensitif yang ada pada genset seperti koneksi listrik dan sistem elektronik.

Jadi sebelum membeli genset, pastikan Anda sudah menyiapkan tempat yang tepat terlebih dahulu untuk menyimpannya. Jika Anda tidak punya tempat yang aman di dalam rumah atau toko dan harus menaruh genset di luar ruangan, maka Anda perlu membangun tempat khusus terlebih dahulu dengan penutup yang baik untuk melindunginya dari air dan debu serta dikunci gembok untuk menghindari kemungkinan genset dicuri. 

Bersihkan Setiap Sebelum dan Sesudah Pemakaian

Cara perawatan genset kedua yang bisa Anda praktikkan adalah memastikan Anda selalu membersihkan genset setiap sebelum dan sesudah dipakai. Pastikan Anda membersihkan debu, minyak dan kotoran apapun yang ada pada bagian luar genset.

Hal ini tidak hanya supaya genset terlihat bersih, tapi juga untuk memastikan genset selalu bekerja dengan baik. Partikel-partikel asing seperti debu dan kotoran lain bisa masuk ke dalam mesin genset dan mengganggu proses pendinginan. Jika proses pendinginan terganggu, genset bisa overheat dan akan jauh lebih mudah dan cepat rusak.

Panaskan Genset Secara Berkala

Genset adalah sebuah mesin yang tidak akan secara rutin digunakan, sehingga Anda perlu tetap menghidupkan genset secara berkala walaupun sedang tidak digunakan. Mesin yang dipanaskan secara rutin akan membuat genset selalu siap dan responsif ketika digunakan sewaktu-waktu.

Selain memanaskan genset secara berkala ketika tidak sedang digunakan, genset juga perlu dipanaskan beberapa menit sebelum digunakan. Anda bisa melakukan ini sambil memeriksa kondisi genset terutama perhatikan jika ada suara-suara tidak umum yang bisa menandakan kerusakan pada mesin.

Selalu Periksa Sistem Pembuangan

Ketika bekerja, genset akan melakukan pembakaran yang akan menghasilkan gas buang seperti layaknya kendaraan. Cara perawatan genset selanjutnya adalah perlunya memastikan bahwa sistem pembuangan pada genset tidak memiliki kerak atau hal lain yang bisa menghalanginya. Ini penting karena sistem pembuangan yang tidak maksimal bisa membuat genset berfungsi dengan tingkat efisiensi yang kurang. Jika terus terhambat, genset bahkan bisa berhenti bekerja dan rusak.