Convection oven dan oven biasa memiliki perbedaan signifikan dalam cara memanaskan dan memasak makanan. Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara keduanya:

Distribusi Panas

Pada Oven Biasa, sumber panasnya berasal dari bagian bawah dan bagian atas. Sehingga sulit merata panasnya, serta perlu waktu yang lebih lama guna mencapai suhu stabil tertentu.

Pada Oven Konveksi, sumber panasnya biasanya dari bagian belakang. Namun telah dilengkapi dengan kipas sehingga udara panas busa beredar dengan secara merata di sekitar makanan. Hal ini membantu tercapainya kestabilan suhu panas secara merata dengan lebih cepat dan menghasilkan kematangan makanan dengan lebih cepat secara konsisten.

Waktu Memasak

Pada Oven Biasa, akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memasak makanan karena panas yang diterapkan secara langsung pada makanan.

Pada Oven Konveksi, bisa lebih cepat dalam memasak karena distribusi panas yang merata dan lebih efisien.

Fleksibilitas Memasak

Pada Oven Biasa, cenderung memiliki fungsi dasar pemanggangan serta panggangan.

Pada Oven Konveksi, maka sering dilengkapi dengan mode memasak yang lebih beragam, termasuk pemanggangan, dan panggangan cepat, serta grilling, dan lain sebagainya. Memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam memasak berbagai jenis makanan. Jika fungsi kipasnya dimatikan maka oven convection juga bisa berfungsi sebagaimana layaknya oven konvensional.

Penggunaan Energi

Pada Oven Biasa, kadang-kadang menggunakan lebih banyak energi karena waktu memasaknya yang lebih lama.

Pada Oven Konveksi, maka bisa lebih efisien dalam penggunaan energi karena waktu memasaknya yang lebih singkat dan dengan distribusi panas yang lebih baik.

Karakteristik Desain

Pada oven Biasa, secara umum memiliki desain yang sederhana dengan kontrol suhu dasar.

Pada Oven KonveksI, telah dirancang atau sengaja didesain dengan kontrol suhu yang lebih canggih dan sering kali memiliki fitur otomatis serta desain yang lebih modern.

Kipas Pengedaran Udara

Pada oven Biasa, tidak dilengkapi dengan kipas pengedaran udara.

Pada Oven Konveksi, memiliki kipas yang membantu mengedarkan udara panas di sekitar makanan, menciptakan lingkungan memasak yang lebih seragam.

Harga

Pada Oven Biasa, umumnya lebih terjangkau dari segi harga.

Pada Oven Konveksi, cenderung dijual dengan harga yang lebih tinggi karena teknologi dan keunggulan serta fitur tambahan yang dimilikinya.

Proses Memasak

Pada oven Biasa, cenderung memiliki proses memasak secara perlahan dan butuh waktu yang lebih lama.

Pada Oven Konveksi, cenderung memasak dengan proses yang lebih singkat.

Hasil Masakan

Pada oven Biasa, hasil masakannya matang secara perlahan. Sehingga bagian luar maupun dalam bisa tetap lembut. Jika dipercepat maka akan garing atau renyah dan crispy di bagian luar namun belum matang di bagian dalamnya.

Pada Oven Konveksi, hasil masakannya bisa renyah dan garing atau crispy di bagian luar dan di bagian dalamnya bisa tetap lembut dan matang dengan sempurna.

Pilihannya tergantung pada jenis masakan yang lebih sering dimasak dan juga besar anggaran yang tersedia.

Related Post